Jumat, 06 April 2012

PERCOBAAN IPA


LAPORAN PERCOBAAN
1.        Judul Percobaan : Membuat Magnet Menggunakan Listrik

2.        Teori Dasar :
Magnet merupakan benda yang memiliki gaya tarik sehingga dapat menarik benda lain. Kekuatan sebuah magnet terletak pada bagian yang disebut kutub-kutub magnetik. Magnet mempunyai dua kutub yaitu utara dan selatan. Gaya tarik magnet dapat berupa gaya tarik atau gaya tolak yang terdapat pada bagian ujung-ujungnya. Kutub senama bersifat tolak menolak, kutub tak senama bersifat tarik menarik. Kekuatan tarik menarik atau tolak menolak antara ujung-ujung magnet bergantung pada jarak antar magnet tersebut.

Benda dapat dibedakan ada benda magnet dan ada juga benda bukan magnet. Benda magnet mempunyai sifat magnet yang kuat, sedangkan benda yang tidak mempunyai sifat magnet disebut diamagnetik, seperti emas, perak, alumunium, dan tembaga. Magnet dapat dibuat sehingga ada magnet buatan. Berbagai cara membuat magnet buatan antara lain melalui : (a) cara induksi yaitu menempelkan atau mendekatkan magnet pada benda feromagnetik yang akan dijadikan magnet, (b) cara menggosok, dengan menggosokkan benda misal besi atau paku besar dengan salah satu ujung magnet dalam satu arah, (c) cara pengaliran listrik yang dikenal dengan elektromagnet.
Pada tahun 1820, Hans Christian Oersted, seorang ahli fisika Denmark, mengemukakan bahwa kawat penghantar yang dilalui arus listrik dapat menghasilkan medan magnet. Pembuatan magnet dengan cara mengaliri listrik disebut elektromagnet. Caranya, paku besi yang cukup besar dan belum mempunyai gaya magnet dililiti kawat. Kemudian, kedua ujung kawat dihubungkan pada kutub positif dan negatif  baterai, sehingga melalui kawat, paku mendapat gaya magnet dari arus listrik tersebut.

3.        Alat dan Bahan :
1.      Baterai 1,5V               : 1 buah
2.      Kawat tembaga          : 1 meter
3.      Paku 2 inch                : 1 buah
4.      Paku kecil                   : 20 buah

4.        Prosedur Kerja :
1.      Lilitkan kawat tembaga pada paku sebanyak 10 lilitan
2.      Hubungkan kedua ujung kawat tembaga pada kutub positif dan kutub negatif baterai
3.    Hamburkan 20 buah paku kecil di atas meja kemudian dekatkan paku besar yang sudah dililiti oleh kawat tembaga. Amati apa yang terjadi?
4.    Ulangi kegiatan 1, 2 dan 3 dengan jumlah sebanyak 15 lilitan, 20 lilitan dan 25 lilitan kawat tembaga.
5.      Tuliskan hasil pengamatan pada tabel hasil pengamatan!

5.        Tabel Data :
Hubungan jumlah lilitan dengan jumlah paku yang tertarik
No
Jumlah Lilitan
Banyak Paku yang Ditarik
1
10

2
15

3
20

4
25


6.        Kesimpulan :
Karena paku telah mendapatkan gaya magnet, maka paku tersebut dapat menarik benda-benda yang memiliki sifat magnet. Semakin banyak lilitan kawat, semakin kuat gaya magnet yang diterima paku.

1 komentar: